PENGARUH EFIKASI DIRI, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG

PAHLEWI DWIKA, HATMADJA and CH ASTA, NUGRAHA (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG.

[thumbnail of COVER SKRIPSI_PAHLEWI DWIKA H.pdf] Text
COVER SKRIPSI_PAHLEWI DWIKA H.pdf

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 responden dari 532 populasi yang merupakan Mahasiswa S1 Pogram Studi Manajemen dan Akuntansi Untag Semaang. Karakteristik responden merupakan mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 yang telah menempuh mata kuliah manajemen keuangan 1 dan 2. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Pengetahuan keuangan mahasiswa perpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa.

Kata Kunci : Efikasi Diri, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > 61201 - Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email feb@untagsmg.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:39
Last Modified: 15 Feb 2024 07:39
URI: http://repositoryfeb.untagsmg.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item